di 'lampu merah'

Berhenti. Gue turunin kedua kaki gue.
Asep kendaraan disana-sini, mau ambil napas aja sengsara banget rasanya.

Ada anak kecil ngamen di angkot yang berhenti di depan gue. Tau lagunya apa? ”makan duren di malam hari paling enak sama kekasih.. di belah bang..dibelah.. silakan dibelah” Astaga.. Anak kecil!

Tiba-tiba menyusul lagi, suara pengamen laki-laki yang lagi cari duit di angkot sebelah, ”Namaku Cecep, rumah real estate, mobilku banyak, harta berlimpah, orang memanggilku boss eksekutif, tokoh papan atas atas segalanya..”

Nggak mau kalah, entah dari mana itu suara, dengan keras dan lantangnya bernyanyi, ”ku pernah punya mobil balap sendiri.. yang bisa ngebut di jalanan tiap hari.. ku tidak pernah merasakan kesepian.. tak ada gadis yang menolak di antarkan.. asoy geboy ngebut di jalanan ibu kota.. di payungi lampu kota di sekitar kita..”

Katanya bos eksekutif.. katanya punya mobil balap.. Lha kok malah ngamen, mas?? Hahaha.

Gimana rasanya kalo siang-siang, panas, banyak polusi, terus tiba-tiba liat monster mendekat ke arah lo??
Secara mendadak, muncul sosok berbadan besar, betis dan tangan nya atletis abisss, kekar gilla, berambut panjang, kulitnya gosong.. tapi ber-maskara dan pake tank top plus rok mini.. -aihh.... :p-
Jarak dia dan gue makin deket. Pasrah deh gue..
Tapi ternyata nggak. Doi menuju kaca mobil yang tepat ada di samping motor gue.
”misssiiii...”
Dengan kecrekan maut dia langsung capcus nyanyi, ” res di gores gores, enggak di kasih mobil tak gores..!”
Emmhh. Mampus tuh! Haha.
Dengan muka takut-takut serem, cowo yang ada di dalem mobil mengulurkan tangannya dengan sangat hati-hati.
Mikir nih gue, cuma nyanyi begitu doang, dapet goceng (Rp 5000,-) tuh ’monster’. Pendapatan yang jauh berbeda di banding dengan ’tukang duren’, ’bos eksekutif’, dan yang punya ’mobil balap’. Gileee...

Pada saat yang bersamaan, gue ngeliat seorang ibu muda bersendal bagus, bertas, dan pake make up pula, bawa-bawa baskom kecil, nyamperin tiap orang dan bilang, ”kasian pak..kasian bu.. untuk beli makan..”.
Dan lo tau apa hasilnya? Orang-orang Cuma ngeliatin dia dari ujung kaki sampe ujung kepala dengan mata terheran-heran. Yaiyalah.. Please deh..penampilan kaya gitu kok minta-minta? Mana ada yang percaya.. Taktik dan strategi nya salah tuh! Nggak profesional.

Ada-ada aja yah. Kalo gue boleh bilang, ”Hanya di Indonesia”.
Nggak ada yang nggak tau kalo semua orang memang butuh uang dan butuh makan, tapi ironis juga kalo pemandangan yang kita liat setiap hari, tiap kita keluar rumah, begitu adanya. Seakan nggak ada yang bertanggung jawab, mereka di biarkan begitu saja layaknya benda yang nggak ke urus karena tiap-tiap orang (termasuk gue mungkin) sibuk dengan perutnya masing-masing.
Astaga..

Lampu lalu lintas udah berubah warna jadi hijau.
Nggak berlama-lama, gue tancep gas dan semakin jauh dari mereka.

No comments:

Post a Comment

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List