Lebaran oh Lebaran

LEBARAN

Woow! Pengen cepet-cepet lebaran! :D

Rindu kampung halaman dan suasana lebaran! Hehe
Mendadak pikiran saya melayang-layang jauh sampe ke Lampung. Tempat lahir saya, tempat mudik saya, tempat mbah ku yang tinggal satu-satunya, markas keluarga besar dan daerah kekuasaan, tempat dimana nggak ada pikiran tentang tugas, praktikum, dan kuliah. How fun! :D

Saya selalu kangen dengan suanana lebaran, juga ritual-ritual menjelang dan ketika lebaran. Kangen plus-plus sama lapis legit buatan bude susi, tekwan bikinan bulek yana, ager-ager dan bolu yang selalu ada di rumah mbah ragil, aaahhh semuanya! :D



Ngerasa seneng bukan main pas udah mulai masuk bulan puasa, subhanallah, nggak tergantikan itu J walaupun ramadhan taun kemaren kayanya adalah ramadhan paling sia-sia di hidup saya, tapi saya berharap banget bisa ketemu lagi di ramadhan taun ini, InsyaAllah, Amin J

Pas lebaran, pasti semua anak-anaknya mbah pada kumpul di rumah mbah. Malem takbiran yang dibikin rame sama cucu-cucunya mbah pake petasan



Sampe besok paginya pada buru-buru berangkat ke lapangan sekolah muhammadiah buat solat ied.



Beres solat ied langsung sungkem-sungkeman dan ada aja yang nangis-nangisan. Dan lebaran taun kemarin, saya adalah orang di keluarga yang nangisnya paling kenceng dan ketauan sama semua keluarga (hehe. Jadi malu >.<).

Ada yang beda di lebaran beberapa taun terakhir ini, biasanya masih ada mbah buyut yang jadi tujuan sungkem paling pertama di keluarga, setelah mbah buyut dilanjut sama mbah kakung terus baru mbah putri. Mbah kakung sudah nggak ada dari tahun 2006, dan semenjak itu, urut-urutan sungkemnya jadi berubah, dari mbah buyut langsung ke mbah putri. Namanya sudah umur, mbah buyut meninggal awal taun 2009. Jadi lebaran taun lalu adalah pertama kalinya lebaran tanpa sungkem ke mbah buyut. Nggak ada urut-urutan sungkem yang kaya dulu, sekarang objek pertama tujuan sungkem ya ke mbah putri, baru ke orang tua, trus ke pakde bude, om sama bulek, sodara-sodara dan semuanya.

Saya bener-bener ngerasain perbedaan yang jauh antara lebaran waktu saya kecil dan lebaran setelah saya mulai dewasa. Dulu, lebaran itu bener-bener meriah di rumah mbah. Semua sodara dari ujung Lampung manapun pasti dateng dan bikin rame rumah mbah. Apalagi waktu masih ada mbah kakung, tamunya nggak abis-abis, sampe-sampe harus nyiapin makanan dan minuman ekstra buat tamu.

Semakin kesini, saya ngerasa nikmat lebaran yang satu itu mulai berkurang. Mulai dari anak-anaknya mbah yang (keliatannya) tetep aja masih pada sibuk masing-masing pas lebaran, sodara-sodara yang sudah bertambah tua sehingga nggak bisa lagi dibawa jalan jauh buat kumpul di rumah mbah, dan mbah putri sendiri yang 6 taun terakhir ini hanya bisa tergeletak di kasur dan kemana-mana harus pake kursi roda, ngebuat semua suasana meriah lebaran waktu saya kecil dulu berubah drastis jadi suasana lebaran yang lebih sepi dan lebih individualis.

Saya kangen lebaran-lebaran 9 sampai 8 taun yang lalu,
Dimana saya bener-bener dapetin suasana itu dan lebaran yang dilewati bukan hanya sebagai ceremonial keimanan terhadap Allah, tapi juga sebagai sarana untuk bikin semua keluarga suka cita dan larut dalam satu kebahagiaan.

Saya kangen lebaran..

1 comment:

  1. dari: orang jelek
    buat: orang lucu :)

    amiiin....
    semoga di kita dapat merasakan keindahan hari lebaran di tahun-tahun
    berikutnya ....
    :)

    ReplyDelete

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List