Anak Kecil di Pasupati

Tepatnya kemarin lusa,
Mendadak saya kangen buat terlibat lagi di ‘opera jalanan pasupati’. Sebelumnya saya sudah pernah cerita tentang mbak-mbak banci yang sekarang sudah nggak nongol di sana lagi, ibu-ibu pengemis sama anak bayinya, dan lain-lain deh yang jadi kuncennya pasupati
.
Pas saya berhenti di lampu merah bawah jembatan layang pasupati (rute tempur saya setiap hari), saya dapet satu pemandangan baru. Anak kecil kira-kira umurnya 8 tahunan, jalan sendirian di pinggiran trotoar (juga di bawah jembatan layang) , nggak pake sendal, dan sambil nyodorin tangan tapi acuh nggak acuh dengan sodoran tangannnya sendiri. Jadi gini loh, dia nyodorin tangan ke pengendara-pengendara motor yang kebetulan lagi berhenti karena lampu merah, tapi dia seakan nggak peduli ada yang kasih dia uang ato nggak, dia hayoo aja jalan terus. Dan beruntungnya, saya bisa perhatiin dia secara dekat karena kebetulan dia diem dan berhenti di trotoar sebelah saya. Dia bawa ransel kecil warna hijau. Saya perhatiin bener-bener wajah dia. Aduuh, ngilu jadinya.. Matanya bening banget deh, tapi kuyu. Disitu saya langsung cek kantong baju saya. Ada uang Rp 1000 di kantong saya. Awalnya saya pengen banget ngasih uang itu ke dia, tapi mendadak saya Perang Batin. Apakah dengan uang 1000 in dia akan jadi lebih baik ato malah uang ini yang bakal semakin ngejerumusin dia? Tapi hey, apa gunanya dibuat peraturan buat nangkep orang-orang yang ngasih duit buat anak jalanan?

Dilema. Saya bener-bener ngerasin perang batin hebat saat itu, waktunya tayang kejadian itu singkat banget, tapi membuat saya terus-terusan berpikir tentang hal itu sampe hari ini. Dengan uang 1000 yang saya kasih, pasti anak sekecil dia dan dalam keadaan seperti dia bakalan seneng banget karena dalam pikiran mereka “Horeee, bisa beli permen!” ato “Asiik aku punya duit!”, tapi apa iya itu baik buat mereka? Yang saya takutkan adalah uang 1000 saya itu jadi titik awal pemikiran dia bahwa “ngapain susah-susah kerja kalo dengan minta aja bisa dapet duit”. Jadi? Apakah saya harus biarkan mereka? Tanpa bantu mereka minimal untuk tambahan beli nasi? Atau saya yang akan ikut bersalah kalo jumlah mereka akan semakin banyak? Dan membuat paradigma berpikir mereka jadi semakin mengerucut bahwa minta-minta itu mudah dan bisa dapat uang?

Ya Allah, kenapa sesulit ini sih untuk bantu orang lain?
Sampe-sampe ada aturan yang udah diberlakukan bahwa tiap-tiap yang nyodorin tangan buat mereka boleh untuk ditangkep?
Apa udah sebegitu sempitnya pemikiran manusia jaman sekarang tanpa memikirkan sisi lain dari mereka yang juga harus hidup?
Saya pribadi miris tiap kali nurani saya digelitik dengan hal-hal kayak gitu. Tapi apa boleh buat, saya juga nggak mau meracuni pikiran mereka yang masih polos untuk terbiasa dengan cara yang sebenarnya salah, walaupun saya ikut berdosa juga ketika mereka meringis sakit perut karena nggak punya makanan..

Ya Allah,
Maafkan kalau saya ikut menjadi pihak yang nggak bisa berbuat apa-apa, saya hanya nggak mau hidup mereka nantinya dibius total dengan hal-hal nggak biasa tapi menjadi biasa dan berkelanjutan entah sampai kapan..

Tetep semangat yaa adek-adekku sayang :*

Bandung, 3 Mei 2010

No comments:

Post a Comment

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List