Tell Your Story

2 hari lalu saya dapet kesempatan ikut nyeleksi assisten baru untuk laboratorium kampus. Pas wawancara, saya antusias banget masalah keterbukaan seseorang sama lingkungan sekitarnya, menurut saya itu juga berarti bagaimana perilaku dan kebiasaan sosial dia, dan sejauh mana dia melebur dengan lingkungannya. Beberapa dari mereka cenderung tertutup, nggak suka curhat, bahkan ada yang sulit untuk sharing sekalipun, lebih suka diem, mendem, dan nge keep masalah sendiri.

Ada masalah apa dengan sharing?
Saya pribadi ngerasa butuh banget seseorang untuk mendeskripsikan apa yang saya pikirkan ketika ada hal nggak beres yang saya rasain. Buat saya sharing itu penting gilaak, ngebandingin ungkapan pikiran kita dengan ungkapan pikiran orang lain supaya kita bisa dapet pandangan baru dari suatu kasus, untuk bahan mikir lebih lanjut sehingga otak kita berkembang dan nggak stagnan, nggak nguprek di situ-situ aja, biar nggak kolot, nggak primitive.

Kenapa justru ada yang sulit untuk sharing?
“Kenapa sih jarang sharing sama temen atau sama keluarga?” pertanyaan ini dijawab tapi nggak dijawab “Ya nggak mau aja, teh”
Asumsi saya, mereka krisis kepercayaan. Mereka kurang percaya sama orang-orang sekitar mereka, apakah orang lain cukup kompeten,  apakah omongan orang lain bener atau nggak, apakah nantinya orang lain itu akan menjaga apa yang pernah mereka bicarakan, dan banyak lainnya.

SHARING
Bukan hal menakutkan untuk dilakukan. Juga sama sekali nggak merepotkan.

THERE’S A WHOLE WORLD OUT THERE
seize every opportunity to see it.

Sharing adalah salah satu jalan untuk ngebuka mata kita terhadap banyak hal yang belum pernah kita temui, hal-hal yang belum pernah kita rasakan. Sharing membuat kita berimajinasi tentang sesuatu yang mungkin terjadi, yang mungkin kita lakukan, terhadap apa yang kita pikirkan, tentang pemikiran dari berbagai sudut pandang yang menghasilkan macam-macam gambaran. Sharing adalah memvisualisasikan sesuatu, membuka lebar jendela, untuk merangsang otak kita bergerak dan mencari celah-celah baru dalam berpikir dan mengambil keputusan.

TELL YOUR STORY, someone wants to hear it.

Sulit sharing karena sulit percaya? Give a trust. You learn to trust by daring to try. So, GIVE A TRY.






Everything and everyone is teaching something. 
Be willing to learn.
@TonyGaskins


No comments:

Post a Comment

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List