Nangis

sedih, galau, sakit, luka, nyesek, gundah, gelisah, pilu, dan antek-anteknya, biasanya, semua perasaan itu akan terasa lebih baik setelah nangis. Nangis dari sesenggukan sampe nggak ada lagi air mata yang bisa keluar, air mata itu hebat. Hanya karena air mata, seseorang bisa tidur lebih nyenyak, tidur sambil senyum atau minimal bisa tarik napas dalam-dalam.

TUMPAHKAN SEMUA DALAM TANGISAN, AIR MATA DAPAT CAIRKAN HATI

Nangis bukan berarti lemah, bukan berati cengeng, dan bukan berarti nggak berdaya, nangis adalah luapan emosi yang sudah nggak bisa diungkapkan dengan kata-kata.

Yang kita perlu hanyalah berani mengungkapkan dan mengekspresikan. Saat kita sudah nggak mampu lagi untuk mengungkapkan sesuatu hebat yang terasa di hati kita, nangis adalah hal yang paling banyak dilakukan orang-orang.

Bapak saya adalah orang yang sangat jarang nangis. Baru banget deh sekali ngeliat Bapak nangis, itupun dulu ketika saya masih TK. Saya nggak pernah tau apakah memang Bapak jarang nangis atau jarang ketauan ketika nangis. Memang nggak perlu semua orang tau ketika kita nangis, adakalanya cukuplah kita yang tau, pada saat kapan kita nangis dan kenapa bisa nangis. Tapi lakukanlah, nangis nggak membuat jatuh image laki-laki di depan perempuan ataupun sebaliknya. Nangis nggak membuat kita terlihat lebih jelek apalagi lebih mirip tetangga *zzzzz*. Nangis juga nggak bisa selalu diartikan sebagai cara membuat orang simpati atau mengada-ada untuk buat orang lain kasian. Saya selalu menganggap bahwa hujan adalah sesuatu yang baik. Saya tergila-gila dan mensakralkan kehadiran hujan, sama halnya dengan air mata. Tiap butir air mata yang jatuh, saya percaya, masing-masing ngebawa beban persatuan berat, itulah kenapa dengan banyaknya butiran air mata yang jatuh ketika kita nangis, hati kita makin terasa lega, lega, dan ringan.

Menangislah kalau perlu,
Untuk perempuan, orang dewasa, anak kecil, ABG LABIL, laki-laki, wanita, pria, ibu-ibu, bapak-bapak, mau jendral kek, presiden kek, Paris Hilton atau Ronaldo sekalipun, semuanya pernah nangis, karena nangis mewakili seluruh hal yang kita rasakan, karena nangis menjadi bukti bahwa kita manusia, karena nangis adalah manusiawi.

Nangis memang nggak menyelesaikan masalah, tapi sangat melegakan.

No comments:

Post a Comment

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List