A Short Visit to Banda Aceh

“Sampe di Aceh aku mau puas-puasin makan roti cane! Mau makan mie aceh, nasi goreng aceh, ayam tangkap, teh tarik, mau ngopi!”
Viani, 26 tahun, rentan ceroboh.

Tolong diingat baik-baik karena ada biaya mahal dibalik nasihat ini:
Kalo niatnya jalan-jalan,coba pikir-pikir lagi untuk ke Banda Aceh di sekitar waktu Idul Fitri.

Banda Aceh, Indonesia
Saya ambil flight siang dari Jakarta ke Banda Aceh di H-2 Idul Fitri. Harapannya mulia banget: sampe Banda Aceh pas jam buka puasa, buka pake roti cane, dan makan malam Mie Razali. Sedap.

Selama total 2 hari di Banda Aceh, saya stay di Hotel Siwah. Bukan hotel bagus, ratenya nggak mahal, tapi punya lokasi enak buat kemana-mana. FYI, Mie Razali ada di belakang hotel ini, jadi tinggal jalan kaki, begitu juga pusat kuliner Rex Peunayong yang ada di sebelah depan. Untuk short stay, saya puas sih.

Jalan kaki paling excited malam itu disambut dengan:
“Oh, (Mie Razali) terakhir buka kemarin malam. Hari ini udah tutup.”
Cakep.
Buka puasa sekaligus makan malam hari itu berujung dengan pecel lele dan nasi goreng di warung sekitar Rex Peunayong.

Ke Aceh makan apa?
Pecel lele. Sama nasi goreng.
Jauh amat. J

Di trip Aceh ini, saya menghabiskan H-1 & setengah hari lebaran di Sabang; sisanya di Banda Aceh. Untuk tau gimana caranya ke Sabang, tempat jalan-jalan super kece, dan info akomodasi lainnya, jump to this post: Ayo ke Sabang!

Emang bener banget ya, Tuhan itu nggak pernah ngasih cobaan yang nggak sepaket sama berkahnya. Dulu, Banda Aceh dibikin porak-poranda sama tsunami. Tapi sekarang, peninggalan tsunami Aceh justru jadi magnet tersendiri yang mendatangkan banyak pemasukan buat Aceh.

Museum Tsunami
Ini beneran di luar ekspektasi. Desain eksterior museumnya keren banget!
  
Kali aja lupa, saya mau ingetin lagi:
Kalo niatnya jalan-jalan,coba pikir-pikir lagi untuk ke Banda Aceh di sekitar waktu Idul Fitri.

Di hari kedua lebaran Idul Fitri, Museum Tsunami masih tutup. Beruntung ada Ibu penjual minuman yang dengan baik hati ngasih tau kita jalan masuk dari sela-sela pintu pagar.
“Kasian udah jauh-jauh kesini.” Uh, pengen aku peluk!
Ada banyak ikan!
 Walapun nggak bisa masuk ke dalam museum, at least bisa jalan-jalan di halamannya. 
 Museum Tsunami ini free entrance ya, sodara-sodara. Buka setiap hari jam 9am - 4pm WIB dan khusus hari Jumat, tutup sementara di jam 12pm - 2pm. 

PLTD Apung
Masih ada kaitannya sama tsunami, ini adalah area dimana Kapal PLTD Apung akhirnya terdampar di pemukiman warga, di tengah Kota Banda Aceh, setelah terbawa arus dari laut Ulee Lheue. Serem ya? Gelombang air-lumpur waktu tsunami bisa ngebawa kapal segede ini dari laut ke tengah daratan.
 Again: PLTD Apung masih tutup karena libur lebaran. Sedih aku tuh.

Taman Blang Padang
Lokasinya persis di depan Museum Tsunami. Waktu paling pas untuk ke Blang Padang adalah malam hari karena taman ini bakal berubah jadi salah satu tempat kuliner di Banda Aceh.

Pantai Lampuk
Nah! Harusnya saya kesini tapi nggak jadi. Lokasi pantai ini nggak terlalu jauh dari pusat kota Banda Aceh. Kalo liat gambar di internet sih bagus ya pantainya; punya pasir putih, banyak dipakai untuk surfing karena ombaknya besar, dan punya sunset! Just googling it.

Masjid Raya Baiturrahman
Pertama kali masuk Banda Aceh dan lewat Masjid Raya; bentar, gambarannya begini:
begitu masuk jalan utama satu arah, pelan-pelan Masjid Raya Baiturrahman mulai keliatan di ujung jalan, makin lama makin jelas, makin dekat, makin di depan muka saya, dan saya langsung kayak, “MasyaAllah” sambil muka norak banget. ITU BAGUS BANGET!
Beneran nggak nyangka segitu bagusnya sih. Langsung berasa pengen solat L
Iya ini lebay, tapi cobain deh!

Pusaka Souvenir
Niat jalan hari itu rusak banget karena tempat-tempat yang mau didatengin masih pada tutup. Akhirnya kita melipir buat jajan di tempat souvenir yang lengkap dan cukup terkenal di Banda Aceh: Pusaka Souvenir.

Tempat ini cukup menyenangkan karena isinya lengkap mulai dari pernak-pernik, baju, tas, gantungan kunci apapun, kopi sampe snack pun ada. Fixed price, swalayan, mbak masnya nggak gengges ngikutin kita mulu, ada ACnya, dan dikasih minum. Hahaha.
Emang super ya si Hotel Siwah, Pusaka Souvenir beneran tinggal jalan kaki aja dari hotel.

Makanan! 
Ngomong-ngomong soal makanan, ada tempat makan wajib di Aceh yang udah saya incer dari jauh-jauh hari: Mie Razali, Canai Mamak KL, dan Rumah Makan Hasan (Kari Kambing & Ayam Tangkap).

Di hari kedua lebaran, tempat-tempat makan di Banda Aceh saya teleponin satu-satu, mulai dari tempat makan wajib, tempat makan ga wajib, sampe tempat makan yang manapun asal ada. Dan. Belom. Satupun. Buka. CRY.

A Glance of Hotel Siwah
As i said to you ya: bukan hotel bagus, ratenya nggak mahal, tapi punya lokasi enak buat kemana-mana. Buat saya cukup ok untuk short stay.
  

Ketiga kali dan terakhir nih saya bilang:
Kalo niatnya jalan-jalan,coba pikir-pikir lagi untuk ke Banda Aceh di sekitar waktu Idul Fitri.

Ya kan aku pikir karena Aceh itu Islam banget, jadi pas Idul Fitri mestinya meriah.
Nak, jangan ngeyel karena itu nyebelin.

Jadi, di hari kedua lebaran di Aceh kesampean makan apa? 
KFC.
Artinya?
Aku harus ke Aceh lagi nih. 
Yuk?

P.S. Ga perlu kuatir buat jalan-jalan keliling Banda Aceh karena Grab dan Gojek available. 
P.P.S. Di Banda Aceh jangan lupa naik becak motor! Seru! Aku dapat harga Rp 30rb dari Pelabuan Ulee Lheue ke Hotel Siwah.

P.P.P.S. Dari Aceh aku masih lanjut ke Medan - Berastagi dan Toba - Samosir. I'll tell you soon, love!

No comments:

Post a Comment

Hello there, question/comment/suggestion/feedback are welcomed. Please feel free to get in touch with me through my instagram/twitter/email account ;)

My Blog List